Penerimaan Siswa Baru MAN INSAN CENDEKIA SERPONG, MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO, MAN CENDIKIA JAMBI 2013/2014



Setelah menunggu lama, akhirnya bisa dapat juga info untuk tahun ini. Monggo adik-adik dilihat nggih..

*INFO YANG BARU: Untuk tahun ini, tidak hanya MAN Insan Cendekia Serpong atau MAN Insan Cendekia Gorontalo saja yang mengikuti sistem penerimaan siswa baru ini, tapi kita kehadiran satu sekolah lagi yaitu MAN CENDIKIA JAMBI (yeey)
*Pendaftaran tahun ini dilakukan online dengan klik http://penerimaan.ic.sch.id
*Pendaftaran baru dimulai tanggal 18 Maret, jadi untuk buat akun juga baru bisa dimulai tanggal 18 Maret. So, BE PATIENT ya guys..  
FYI, sudah dari dua tahun lalu, *seingat saya  PSB MAN IC pakai sistem online, dan tidak lewat pos. Jadi kalian harus bikin akun dulu dan seterusnya. Baca hati-hati yaa petunjuknyaa. Semangaaat 

Pendahuluan
 Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan secara transparan, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan. Syarat mengikuti pendaftaran peserta didik baru sebagai berikut:
  • Pendaftar adalah peserta didik aktif kelas IX MTs/SMP pada TP 2012/2013.
  • Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2013.
  • Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan: Madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak:
      a. 1-5 kelas, berhak mengirim maksimal 5 orang peserta
      b. > 5 kelas, berhak mengirim maksimal 7 orang peserta
  • Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, lomba-lomba penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas.
Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2012/2013 termasuk di dalamnya kelas regular, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi

Catatan: Untuk Tahun ini, jumlah maksimal untuk peserta dari masing-masing sekolah dibatasi hingga 7 orang, beda dengan tahun lalu yang masih membolehkan hingga 9 orang dari rombongan kelas sebanyak >5 kelas, hehe
Syarat Pendaftaran
 Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia 2013/2014 dapat dilakukan dengan pendaftaran secara online di alamat http://penerimaan.ic.sch.id. Berkas yang diperlukan saat pendaftaran adalah sebagai berikut:
  • Foto 3 x 4 berwarna dalam bentuk file JPEG
  • Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik terbaik dalam bentuk file JPEG(dapat diunduh di sini)
  • Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik berprestasi dalam bentuk fileJPEG (dapat diunduh di sini)
  • 1 buah sertifikat pendukung keikutsertaan lomba bagi siswa berprestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional atau internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek dalam bentuk file JPEG
  • Surat keterangan tinggal/menginap di pondok pesantren bagi siswa yang berasal dari SMP/MTs pondok pesantren dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
  • Satu halaman rapor semester 1 kelas IX yang dilegalisasi kepala madrasah dalam bentuk file JPEG
  • Akte Kelahiran dalam bentuk file JPEG

Waktu Pelaksanaan  

Alur Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun 2013 adalah sebagai berikut:
  • Sosialisasi & Publikasi (28 Januari – 30 Maret 2013)
  • Proses Pendaftaran (18 Maret – 8 April 2013)
  • Seleksi Berkas (19 Maret – 22 April 2013)
  • Pengumuman Peserta Tes (29 April 2013)
  • Pelaksanaan Tes (11 Mei 2013)
  • Pengumuman Kelulusan (4 Juni 2013)
  • Daftar Ulang (10 – 22 Juni 2013)
  • Awal Masuk Madrasah (8 Juli 2013-tentatif)

Materi Seleksi
 
Meteri seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan tes akademis untuk mata pelajaran: matematikaIPABahasa InggrisPendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. (sama kayak tahun lalu :) )

Level soalnya ya sedikit lebih tinggi dari UN. Kalau Bahasa Arabnya ya masih dalam level yang simpel lah, kalian pasti bisa kok, hehe

 Tempat Tes dan Biaya Pendidikan

 Seleksi peserta didik baru akan dilaksanakan di tempat yang ditunjuk Kantor Wilayah Kementerian Agama (biasanya ibukota provinsi)



*dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kanwil Kemenag tersebut minimal peserta tes 30 pendaftar yang dinyatakan lulus berkas.


Biaya Pendidikan
Bagi calon peserta didik baru yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan subsidi pemenuhan kebutuhan pendidikan selama belajar di MAN Insan Cendekia dari Kementerian Agama Republik Indonesia. 
catatan: tidak semua beasiswa meng-cover full 100% biaya pendidikan di insan cendekia. Beasiswa yang diberikan adalah beasiswa biaya pokok pendidikan, dan asramaAda kegiatan-kegiatan yang tidak lagi dicover olah DIPA kemenag yang harus dilaksanakan akan dibebankan ke orang tua. Besarnya akan ditetapkan oleh komite madrasah.

Kontak Kami


Kementerian Agama Republik Indonesia
Direktorat Pendidikan Madrasah

Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta Pusat
Telp. 021-3520951
MAN Insan Cendekia Serpong

Jl. Cendekia, BSD Sektor XI, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Telp. 021-7563578
Faks. 021-7563582
Email: penerimaan@ic.sch.id
www.ic.sch.id
MAN Insan Cendekia Gorontalo

Jl. Tapa - Suwawa, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo 96183
Telp. 0435-823692
Faks. 0435-822091
Email: penerimaan@icg.sch.id
www.icg.sch.id
MAN Cendikia Jambi

Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian Km. 21 Kelurahan Pijoan Kabupaten Muaro Jambi
Telp. 0741-7051025 atau 0741-7070713
Email: mancendikiajambi@ymail.com
www.mancendikia-jambi.sch.id


Catatan Terakhir :
Ada baiknya pendaftaran dikoordinasikan oleh sekolah. Dan surat rekomendasi sekolah hanya boleh satu buah. Untuk sekolah yang coba2 membuat 2 surat rekomendasi yang berbeda, akan diblacklist, dan seluruh calon peserta tes dari sekolah tersebut akan dicoret. Karena hal tersebut akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Verifikasi akan dilakukan secara manual dengan bantuan komputer. Jadi, kalau dalam satu sekolah ada lebih dari satu siswa yang mau mendaftar ke IC, sertakan semua nama orang yg mau mendaftar dalam satu surat rekomendasi; bukan satu surat untuk satu nama.


sekian aja ya.. moga bermanfaat dan sampai jumpa di insan cendekia
kampus prestasi, mandiri, dan islami

jika butuh pertanyaan, silahkan komentar di form yang telah disediakan

Comments

  1. wah bagus banget nih bang. izin reblog ya..

    ReplyDelete
  2. silahkan reblog teman2 asal cantumin sumber masbroo, hehe

    ReplyDelete
  3. pengumumannya lihat dimana? kok situsnya gak mau terbuka ya?

    ReplyDelete
  4. bang, kalo misalnya prestasinya bukan di bidang nasional, tapi misalnya menang olimpiade yang diselenggarakan panitia MAN, gimana tuh?
    Trus kok alamat web buat pendaftaran ngga bisa ke buka?

    ReplyDelete
  5. biaya nya bagaimana ? masih gratis ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Monggo komentar.e sedoyo nggih. Silahkan diisi dengan bijak setelah membaca dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya

Popular Posts