Menjadi Tua atau Dewasa?

Saat ini setelah saya pikir-pikir, banyak sekali perubahan yang terjadi pada teman-teman di sekitarku. Baik itu dari teman-teman dari SD, SMP, SMA (baca: MI, MTsN dan MAN), atau bahkan saat kuliah ini.

Foto saat masa kecil, kelas 6 SD.
Ada perubahan fisikkah dibanding dengan sekarang? Tentu

Ya, memang kebiasaanku. Ketika ada waktu luang, aku sempatkan untuk mengetahui kabar-kabar dari teman-teman. Biasanya saya cari lewat tulisan-tulisan di blog, media sosial, atau bahkan foto-foto yang ada.

Kalau dipikir-dipikir, saya ini sifatnya kepo *mungkin?
Atau memang suka ingin mencari tahu hal-hal yang baru?
Atau hanya tidak ingin kehilangan hubungan silahturahim yang telah terjalin, yang sudah ada pada masa lalu.

Yang jelas, ketika saya mengamati teman-teman saya, banyak perubahan yang terjadi. Khususnya menjelang umur 20-an ini (bagi saya). Umur kepala-2 yang menandakan bahwa saya telah hidup di dunia selama 2 dekade dan itu berarti jatah umur saya berkurang.

Lalu apakah perubahan yang terjadi, yang dari tadi saya bahas?
Secara umum yang pasti, perubahan fisik. Ada yang dulunya kurus jadi gemuk, ada yang dulunya gemuk jadi kurus. Ada yang dulunya tingginya kurang sekarang jadi lebih tinggi. Tapi untuk masalah tinggi ini tidak berlaku hukum kebalikan lho yaa hehe..

Selain dari perubahan fisik, ada beberapa perubahan pola pikir yang terjadi. Yang dulunya masih bersifat kekanak-kanakan dan suka ingin menang sendiri, sekarang menjadi orang yang lebih kalem dan lebih bijak.


Ya begitulah. Seiring waktu, manusia terus berubah. Karena hakikatnya dalam suatu waktu pasti ada suatu perubahan yang tidak dapat ditolak oleh siapapun.

Kalau aku, bagaimana?

Comments

Popular Posts